Blogger templates

Pages

Senin, 12 Januari 2015

Tugas ISD II Pemuda dan Sosialisasi

Tugas Isd 2
Pemuda dan soisalisasi
          Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pemuda dan sosialisasi. Apa saja sih yang akan saya bahas tentang pemuda dan sosialisasi? Ada beberapa hal yang akan saya bahas mengenai pemuda dan sosialisasi diantaranya adalah masalah-masalah yang terjadi pada generasi muda, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah pada generasi muda dan solusinya. Tapi sebelum itu saya ingin membahas tentang pengertian dari pemuda dan sosialisasi.
Pengertian Pemuda
           ialah kita ketahui bahwa pemuda atau generasi muda merupakan konsep-konsep yang selalu dikaitkan dengan masalah nilai. hal ini merupakan pengertian idiologis dan kultural daripada pengertian ini. Di dalam masyarakat pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan bangsanya karma pemuda sebagai harapan bangsa dapat diartikan bahwa siapa yang menguasai pemuda akan menguasai masa depan.
Pengertian Sosialisasi
           Sosialisasi adalah sebuah proses penanaman atau transfer kebiasaan atau nilai dan aturan dari satu generasi ke generasi lainnya dalam sebuah kelompok atau masyarakat. Sejumlah sosiolog menyebut sosialisasi sebagai teori mengenai peranan (role theory). Karena dalam proses sosialisasi diajarkan peran-peran yang harus dijalankan oleh individu.
Masalah- masalah pemuda :
        
1. Pemuda pada jaman sekarang menetapkan pada pergaulan bebas. Dimanabisa kita lihat bahwa banyak sekali para pemuda yang menggunakan narkoba dan kata ini sudah tidak asih lagi . selain itu bisa kita lihat juga pemuda jaman sekarang sudah menjadi perokok padahal usianya belum mencukupi boleh di bilang masi di bawah umur . atau seorang pemuda yang menjadi seorang peminum . peminum sebuah alkohol dan menjadi kebiasaan tertentu.
2. Pernikahan di usia muda . pemuda menikah di usia muda menyebabkan yang seharusnya pendidikan berjalan dan ini harus menikah dan menghidupi anak dan istrinya. Biasanya pernikahan usia muda ini karna terjadinya seks bebas. Dan sebagiannya 

3. menurunnya jiwa idealisme, patriotisme, dan nasionalisme di kalangan masyarakat termasuk generasi muda. 
4. Kekurangpastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya. 
5. Belum seimbangnya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan yang tersedia, baik yang formal maupun non formal. Tingginya jumlah putus sekolah yang diakibatkan oleh berbagai sebab yang bukan hanya merugikan generasi muda sendiri, tetapi juga merugikan seluruh bangsa. 

       Berdasarkan masalah-masalah pada generasi muda diatas berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya masalah-masalah tersebut :
1. Kurang Dalam Mengendalikan Diri Disini peran orang tua sangat mempengaruhi perkembangan remaja dalam mengendalikan diri , orang tua bukan hanya memberikan penjelasan tentang nilai sosial (baik buruknya suatu perbuatan) tapi juga memberikan suatu contoh perbuatan yang dapat dicontoh oleh remaja tersebut sehingga ketika remaja sudah berada dilingkup sosial yang lebih luas, remaja tersebut akan terbiasa melakukan sama seperti apa yang dicontohkan oleh orang tuanya .
2. Kurang masa Bersama Keluarga Meluangkan waktu sejenak untuk berkumpul bersama keluarga merupakan hal kecil yang mempengaruhi perkembangan remaja diluar karena pada saat seperti inilah masing-masing anggota keluarga menceritakan masalah kepada orang tua atau orang yang lebih tua didalam keluarga tersebut demi mendapat sebuah solusi yang benar .

           Begitu banyak masalah yang dialami generasi muda zaman sekarang, padahal generasi muda adalah kunci dari kemakmuran suatu negara. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah pemuda:
1. diberi penyuluhan tentang pergaulan yang baik, bersahabat dalam batas yang dibenarkan oleh agama dan budaya, serta bagaimana memupuk tanggung jawab yang tinggi.
2. Adanya motivasi dari keluarga, guru, teman sebaya untuk melakukan point pertama.
3. Kemauan orangtua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis, komunikatif, dan nyaman bagi remaja.
4. Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orangtua memberi arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul.

Contoh kasus pemuda dan sosialisasi
 
Kasus pertama :
      Tawuran dua kelompok pemuda pecah di Pinang Ranti Merdeka.com - Peristiwa tawuran antarkelompok terjadi di daerah, Pinang Ranti, Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, malam ini. Belum diketahui pasti siapa saja yang terlibat dan apa penyebab perkelahian itu. "Betul ada tawuran, saat ini lagi cek TKP," kata petugas jaga Polsek Metro Makasar, Brigadir Hasan, saat dihubungi melalui telepon, Senin (6/1). Namun, Brigadir Hasan belum bisa memberikan rincian peristiwa tawuran itu. Menurut Hasan, petugas masih berjaga di lokasi kejadian. "Belum ada rincian, kita masih menunggu laporan. Itu kan dari laporan warga. Petugas baru datang ke TKP," ujar Hasan. 

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/tawuran-dua-kelompok-pemuda-pecah-di-pinang-ranti.html

Kasus kedua :
            Balap liar berujung tawuran di Jl Antasari, 1 motor dibakar Merdeka.com - Aksi balap liar di Jalan Antasari, Jakarta Selatan, berujung tawuran. Satu orang mengalami luka-luka saat ini dibawa ke Rumah Sakit Fatmawati. Tawuran terjadi sekitar pukul 03.30 WIB. Satu unit motor dibakar, namun belum diketahui jenisnya. "Tawuran di Jl. Antasari Jaksel, agar hati2 bila sdg melintas & msh penanganan Polri," demikian tulis TMC dalam akun twitternya, Minggu (21/12). Petugas sudah berada di lokasi kejadian. Belum diketahui penyebab tawuran dan identitas pemotor yang terluka 

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/balap-liar-berujung-tawuran-di-jl-antasari-1-motor-dibakar.html

Kesimpulan :
           Pemuda adalah generasi penerus bangsa. Pemuda memiliki peran yang sangat penting bagi kemajuan suatu negara kalau generasi mudanya saja sudah rusak maka kemajuan negara hanyalah khayalan semata. Oleh karena itu sosialisasi sangat penting untuk mengatasi masalah pemuda, mereka harus diberikan sosialisasi tentang bahayanya pergaulan bebas, tawuran dll. Peran orang tua juga sangat penting dalam hal ini mereka harus mengawasi anak dalam bersosialisasi agar terhindar dari masalah-masalah pemuda. 

Sumber :
- http://triajiwantoro.blogspot.com/2011/11/pengertian-pemuda-dan-sosiallisasi.html
- http://id.wikipedia.org/wiki/Sosialisasi
- http://agustinusbimo.blogspot.com/2012/12/masalah-pemuda-dan-sosialisasi.html
- https://ciptadestiara.wordpress.com/category/masalah-masalah-generasi-muda/
- http://volemz.blogspot.com/2013/04/cara-mengatasi-perilaku-menyimpang.html

0 komentar:

Posting Komentar