Blogger templates

Pages

Jumat, 22 Januari 2016

Cara Kerja Demodulator FM

Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi.

Jenis demodulator FM yang lain adalah :
• Slope Detector
• Round Travis Detector
• Quadrature Detector
• Ratio detector, dan lain-lain

Prinsip kerjanya demodulator FM secara umum :

Disini suatu demodulator frekuensi mendeteksi sinyal informasi dari sinyal FM dengan operasi yang berlawanan dengan cara kerja modulator FM. Disini kita menggunakan suatu slope Demodulator Balance discriminator untuk proses modulasi. Secara umum setiap demodulator FM berfungsi mengkonversi setiap perubahan frekuensi menjadi tegangan dengan distorsi seminimal mungkin. Untuk itu, setiap demodulator/diskriminator/detektor FM, secara teori, harus memiliki karakteristik kerja yang linier antara tegangan dengan frekuensi.

Contoh rangkaian demodulator FM :


Rangkaian diatas menggunakan double tuned transformator, cara kerjanya FM signal dirubah menjadi variasi amplitudo variasi amplitudo lalu diserahkan ke filter sehingga variasi tegangan output baik pada amplitudo dan polaritas sebanding dengan variasi frekuensi input.

0 komentar:

Posting Komentar